Mengenal Apa Itu Asuransi Kredit, Manfaat Serta Tips Memilihnya

apa itu asuransi kredit
source: nirwanatunggal.com

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah asuransi kesehatan, asuransi jiwa hingga asuransi kendaraan. Namun, apakah Anda tahu apa itu asuransi kredit atau credit insurance?

Jika Anda baru mengetahui jenis asuransi yang satu ini, sebaiknya simak sampai tuntas artikel berikut.

Pengertian Credit Insurance

Credit insurance adalah jaminan pembayaran kredit oleh pihak ketiga pada pemberi kredit apabila debitur tidak mampu melunasi hutangnya.(source: kompas.com).

Credit insurance juga didefinisikan sebagai proteksi yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada lembaga keuangan atau pemberi kredit terhadap risiko gagal bayar debitur. (source: ukmindonesia.id)

Ketidakmampuan nasabah dalam membayar tagihan kredit biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena kehilangan penghasilan akibat pemutusan hubungan kerja, bisnis yang bangkrut, terkena likuidasi karena keputusan pengadilan, cacat permanen akibat kecelakaan hingga meninggal dunia.

Sementara alasan gagal bayar karena terjerat kasus pelanggaran hukum, terjadinya bencana alam, serta kelalaian pihak pemberi kredit yang menyebabkan gagal bayar tidak menjadi tanggungan pihak perusahaan asuransi

Manfaat Credit Insurance

Asuransi kredit menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengajukan kredit jangka panjang dengan plafon yang cukup tinggi. 

Misalnya kredit kepemilikan rumah dan kredit kendaraan bermotor. Sementara manfaat yang dijamin oleh credit insurance diantaranya: 

  1. Pelunasan sisa kredit tanpa tunggakan
  2. Pelunasan bunga pembayaran yang menjadi tunggakan atau sisa kredit
  3. Kemudahan proses pengajuan kredit untuk debitur.
  4. Membebaskan ahli waris debitur dari beban kredit.

Tips Memilih Credit Insurance

Untuk mendapatkan produk credit insurance terbaik, ada dua tips penting yang bisa Anda ikuti, yaitu: 

1. Sesuaikan Nilai Kredit

Sebelum memilih produk credit insurance, Anda harus memastikan menghitung nilai pinjaman yang harus dibayarkan berikut dengan bunganya. 

Setelah itu, Anda bisa menyesuaikan nilai kredit dengan persyaratan polis asuransi. Kemudian pastikan uang pertanggungan yang dijanjikan dapat memenuhi nominal tersebut.

2. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Jika sudah menyesuaikan nilai kredit dengan persyaratan polis asuransi, Anda harus mengecek kredibilitas perusahaan asuransi yang akan dipilih. Agar lebih aman, pilihlah perusahaan credit insurance yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Di samping itu, Anda harus memastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki laporan keuangan yang sehat. Hindari memilih perusahaan asuransi yang pernah menghadapi kasus gagal klaim oleh nasabahnya.

Itulah ulasan mengenai apa itu asuransi kredit, manfaat dan tips memilihnya. Apabila Anda juga tertarik membeli credit insurance, pertimbangkan memilih asuransi jiwa kredit dari FWD Insurance. 

FWD Insurance memberikan perlindungan untuk berbagai macam kredit. Misalnya, kredit mobil, motor, KPR multifinance dan masih banyak lagi. Dengan asuransi jiwa kredit dari FWD Insurance, keluarga Anda dapat melanjutkan hidup tanpa harus terbebani tunggakan hutang.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Apa Itu Asuransi Kredit, Manfaat Serta Tips Memilihnya"