3 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Perlu Digendong

Menidurkan Bayi Tanpa Perlu Digendong

Pernah dengar nasihat orang zaman dahulu, yang mengatakan bayi tidak boleh terlalu sering digendong agar tidak bau tangan? Sebenarnya, nasihat ini bertujuan untuk membiasakan bayi agar tidak membuatnya ingin digendong terus atau menjadi manja.

Hal ini berlaku juga pada saat menidurkan bayi. Berikut ini adalah tiga cara menidurkan bayi yang bisa Bunda lakukan tanpa perlu menggendongnya. Yuk langsung disimak! 

Jangan Beri Makanan Kepada Bayi Sebelum Tidur

Bayi yang terbiasa tidur setelah makan, akan menanamkan dalam ingatan bahwa ia baru bisa tidur setelah makan. Jangan jadikan hal ini sebagai kebiasaan.

Solusinya, pindahkan pemberian makanan bayi lebih awal secara perlahan-lahan, sampai ia bisa melewatinya. Lalu, lanjutkan dengan lagu yang menenangkan atau membacakannya cerita. 

Tidurkan Bayi Lebih Awal

Cara menidurkan bayi tanpa digendong salah satunya dengan disiplin dengan waktu. Menurut beberapa pakar, sekitar usia 8 minggu bayi akan mengalami peningkatan melatonin. Hormon tersebut yang membuat mengantuk dan akan dikeluarkan tubuh ketika tiba waktunya untuk tidur.

Jika bayi tidur terlambat, ia akan menjadi lebih terjaga dan sulit untuk ditidurkan. Biasanya, kadar melatonin si kecil akan naik di waktu petang tiba. Namun, mengingat matahari terbenam bisa terjadi kapan saja, Bunda bisa mengatur waktu bayi tidur sekitar pukul 06.30 atau 07.00 malam. 

Meletakkan dan Menyelimutinya

Bunda bisa memulai rutinitas sebelum tidur yang santai untuk bayi. Misalkan mandi air hangat, membacakan dongeng dan juga bernyanyi untuk menenangkan bayi serta menandakan bayi untuk tidur.

Apabila Bunda selalu menggendong dan mengayunkan si kecil sebelum tidur, ia mungkin akan berharap untuk diayun agar bisa tidur sebagai rutinitas harian.

Sebagai gantinya, cobalah meletakkan si kecil ke dalam boks atau tempat tidur khusus bayi saat mengantuk, namun masih terjaga. Jangan lupa untuk menyelimuti badannya dengan kain tipis. Cara ini akan membuat bayi belajar untuk tertidur sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai cara menidurkan bayi tanpa perlu digendong. Gunakan popok bayi Merries agar tidurnya nyenyak dan tidak sering terbangun karena merasa tidak nyaman.

Popok Merries memiliki tiga lapisan yang membantu sirkulasi udara lancar, sehingga bebas pengap dan tidak membuat bayi terkena iritasi. Daya serapnya juga lebih cepat dan banyak. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, langsung saja kunjungi laman merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "3 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Perlu Digendong"