5 Makanan Pemulihan Pasca Operasi yang Wajib Anda Tahu

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan saat akan menjalani proses operasi. Pertama, menyediakan makanan pemulihan pasca operasi. Kedua, perlu menyiapkan asuransi kesehatan individu. Asuransi kesehatan individu ini akan mengcover biaya tes diagnostik sampai dengan keperluan pasca operasi. 

Makanan Pemulihan Pasca Operasi

Proses operasi umumnya akan menimbulkan luka, namun tidak perlu khawatir karena tubuh akan bekerja secara mandiri untuk menyembuhkannya. Meski begitu, Anda tetap perlu menjaga pola makan setelah melakukan operasi. Hal ini cukup krusial karena jenis makanan tertentu dapat ikut andil dalam proses pemulihannya setelah operasi. Adapun beberapa makanan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka berdasarkan situs Hellosehat, situs SajianSedap, dan situs Sehataqua adalah sebagai berikut: 

1. Kacang-Kacangan

Salah satu makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan adalah kacang-kacangan. Makanan satu ini mengandung beberapa nutrisi baik yang akan menyuplai energi pada sel-sel tubuh sehingga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada luka operasi. Beberapa contoh kacang-kacangannya seperti biji bunga matahari, jagung, kenari, almond, dan lainnya. 

2. Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki kandungan zat besi, mineral, dan seng, yang sangat dibutuhkan tubuh. Sama halnya dengan kacang-kacangan, nutrisi yang dimilikinya ini berfungsi sebagai penambah energi tubuh dalam pemulihan diri. Selain gandum utuh, Anda juga bisa mengkonsumsi roti gandum yang kaya akan nabati dan karbohidrat kompleks. 

3. Telur

Makanan pemulihan pasca operasi selanjutnya adalah telur. Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi untuk membantu pemulihan luka. Namun, bukan hanya protein, ada banyak kandungan lain yang ada di dalam telur seperti selenium, vitamin A, B12, zat besi, dan zinc. Zinc sendiri berperan penting untuk peningkatan replikasi DNA sehingga dapat meningkatkan imun tubuh dalam mencegah infeksi yang mungkin terjadi pada luka pasca operasi. 

4. Ikan Salmon

Pada dasarnya, semua ikan baik untuk Anda konsumsi setelah menjalani operasi. Namun, ikan salmon lah yang paling kuat efeknya dalam mempercepat pemulihan luka. Bahkan, ikan satu ini juga dapat membantu mengatasi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Ya, ikan salmon sendiri kaya akan kandungan asam lemak omega-3 dan protein yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

5. Sayuran Hijau

Selain itu, Anda juga wajib mengkonsumsi sayuran hijau seperti sayur sawi, bayam, kangkung, dan lain sebagainya. Hal ini karena sayuran hijau memiliki kandungan mangan, asam folat, vitamin C, dan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Meski, kadang terlalu banyak mengkonsumsi sayuran hijau dapat menyebabkan diare, namun Anda tidak perlu khawatir karena efek ini hanya bertahan dalam 1-2 hari.

Itulah 5 makanan pemulihan pasca operasi yang perlu Anda tahu. Tentunya, makanan-makanan tersebut akan membantu Anda agar bisa pulih dari operasi dengan cepat.

Tidak ada komentar untuk "5 Makanan Pemulihan Pasca Operasi yang Wajib Anda Tahu"