Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless? Ini Dia Penjelasannya!

Seiring dengan perkembangan waktu, produk asuransi terus mengalami inovasi dan perubahan. Salah satunya adalah kehadiran asuransi kesehatan cashless sebagai alternatif dari metode klaim reimbursement. Jenis ini bisa Anda temukan pada berbagai varian produk asuransi lainnya, seperti asuransi kesehatan rawat jalan cashless

Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless?

Asuransi kesehatan cashless adalah polis asuransi di mana biaya medis pemegang polis langsung dibayarkan ke rumah sakit oleh perusahaan asuransi. Disebut cashless karena Anda sudah tidak perlu lagi mengurus klaim dengan metode reimbursement, yang dilakukan ketika Anda membayar biaya medisnya terlebih dahulu untuk kemudian diganti oleh perusahaan asuransi.

Dengan adanya metode cashless seperti untuk asuransi kesehatan rawat jalan cashless ini, Anda dan para pemegang polis lainnya pun bisa mendapatkan penanganan medis secara efisien, bahkan dalam kondisi darurat sekalipun. Jadi, Anda bisa sepenuhnya fokus pada proses perawatan medis sampai sembuh. 

Pentingnya Punya Asuransi Kesehatan Cashless

Biaya medis yang terus meningkat dari tahun ke tahun membuat orang-orang harus semakin pintar dan cermat dalam mengatur keuangan. Tak jarang, biaya medis yang bersifat mendadak tidak bisa langsung dibayarkan secara efisien karena keterbatasan dana tunai yang tersedia. Belum lagi jika dana tunai yang ada sebenarnya sudah dialokasikan untuk kebutuhan lain, seperti tabungan renovasi rumah dan sebagainya.

Apabila Anda juga mengalami situasi yang serupa, asuransi kesehatan cashless jelas bisa jadi solusi yang efektif ketika Anda menghadapi kondisi medis yang tak terduga, bahkan yang bersifat darurat. Soalnya, Anda bisa langsung menjalani perawatan medis tanpa harus pusing memikirkan bagaimana cara membayar biayanya.

Dan untuk merasakan manfaat ini, pastikan bahwa rumah sakit yang Anda pilih merupakan bagian dari jaringan rumah sakit perusahaan asuransi tempat Anda membeli polis asuransi kesehatan cashless. Prosesnya pun sangat mudah, seperti yang dijelaskan dalam alur berikut. 

  • Datangi rumah sakit pilihan yang ada dalam jaringan perusahaan asuransi Anda. 
  • Sampaikan apa kebutuhan medis Anda dan bahwa Anda akan menggunakan fasilitas asuransi kesehatan cashless dari perusahaan asuransi Anda. 
  • Pihak rumah sakit lah yang akan langsung menghubungi perusahaan asuransi untuk berkoordinasi terkait pembayaran tagihan biaya medis dan prosedur lainnya. 
  • Dalam proses ini, perwakilan perusahaan asuransi akan melakukan verifikasi klaim yang Anda ajukan. 
  • Setelah proses verifikasi selesai, pihak rumah sakit akan segera memberikan penanganan medis yang Anda butuhkan dan Anda sama sekali tidak perlu menyiapkan dana untuk menalangi pembayaran biayanya terlebih dahulu.

Mengingat bahwa asuransi kesehatan cashless sangat bergantung juga pada pilihan rumah sakit, pastikan pula sejak awal bahwa rumah sakit yang Anda pilih berada di dalam jaringan rumah sakit perusahaan asuransi tersebut. Misalnya rumah sakit yang terdekat dari rumah maupun kantor, atau rumah sakit yang sudah jadi pilihan utama Anda sejak lama.

Tidak ada komentar untuk "Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless? Ini Dia Penjelasannya!"