Mau Punya Tubuh Super Fit? Yuk, Lakukan 4 Kebiasaan Ini!

Tubuh fit dan bugar adalah impian hampir semua orang. Nah, buat mewujudkan tubuh sehat yang diidam-idamkan tentunya butuh proses dengan pola hidup sehat. Misalnya dengan menjaga asupan makanan atau mengonsumsi vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Yuk, mulai aktivitas sederhana berikut ini untuk mendapatkan tubuh bugar dan juga sehat.

1. Berbagai jenis olahraga bisa menjadi pilihan kamu

Siapa nih yang suka malas berolahraga? Padahal aktivitas yang satu ini paling mudah dilakukan. Ditambah lagi kamu nggak perlu membayar untuk bisa berolahraga ringan, karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Olahraga tidak harus dilakukan secara berlebihan.

U.S. Department of Health and Human Services merekomendasikan untuk melakukan olahraga setidaknya selama 150 menit per minggu. Rekomendasi olahraga di rumah atau sekitar rumah di antaranya, jogging, naik, turun, tangga, push up, stretching, dan sebagainya. Namun, kalau kamu sedang dalam keadaan hamil disarankan untuk melakukan berbagai olahraga ringan, seperti yoga, jalan santai, dan pilates. 

2. Berjemur di pagi hari

Berjemur jadi aktivitas yang lumayan simple, cukup mencari tempat strategis untuk berjemur. Tubuh kamu akan mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Berjemur dapat mengurangi risiko depresi, bayi lahir prematur, mencegah gangguan pada tulang, dan bisa meningkatkan kualitas tidur lho. 

Tapi, tidak setiap waktu kamu bisa berjemur. Waktu yang tepat untuk berjemur adalah di jam 09.00-10.00 pagi. Janganlah berjemur di saat matahari terik karena kulitmu dapat terkena paparan sinar ultraviolet berbahaya. 

3. Konsumsi vitamin yang tepat

Selain olahraga kamu juga harus mengonsumsi vitamin yang bagus sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Minum vitamin memang penting, tapi kamu juga harus mengetahui anjurannya. Di antaranya tidak dianjurkan meminum minuman dengan kafein dan membaca label pada kemasan sebelum mengkonsumsinya.

Kamu dapat dengan mudah mendapatkan vitamin dari berbagai sumber, misalnya sayuran, buah-buahan, daging, telur, biji-bijian, kacang, susu, dan ikan. Disarankan untuk memilih waktu konsumsi vitamin yang tepat ketika pagi hari setelah kamu sarapan atau makan siang. 

4. Hindari dan kendalikan perasaan stres

Ada pepatah yang mengatakan bahwa di dalam jiwa yang kuat terdapat tubuh yang sehat. Hal itu ternyata benar lho. Karena stres dapat berpengaruh terhadap kondisi fisik kamu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan stres.

Di antaranya menghindari overthinking atau berpikir secara berlebihan tentang hal yang belum tentu terjadi, menonton konser, memasak menu baru yang lagi viral, atau berjalan-jalan melihat city light. Kalau kondisi stres sudah parah bahkan membuat insomnia selama berhari-hari jangan ragu untuk menghubungi profesional. 

Semoga dengan cara-cara di atas kamu bisa memiliki tubuh bugar dan jiwa yang lebih bahagia, ya teman-teman!

Tidak ada komentar untuk "Mau Punya Tubuh Super Fit? Yuk, Lakukan 4 Kebiasaan Ini!"