Asuransi Jiwa untuk Keluarga, Apa Saja Alasan Memilikinya?

alasan memiliki asuransi jiwa untuk keluarga

Punya asuransi jiwa akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Sebab, ada banyak manfaat yang dapat diberikan oleh pertanggungan satu ini; terlebih jika orang tersebut adalah tulang punggung keluarga.

Dengan harga premi asuransi keluarga terjangkau serta layanan beli asuransi secara online, memiliki produk ini tentu bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Lantas, apa saja alasan memiliki asuransi jiwa untuk keluarga? Simak ulasannya dalam kelanjutan artikel ini.

Alasan-Alasan Memiliki Asuransi Jiwa untuk Keluarga

Mendapat Biaya untuk Hidup Sehari-hari

Tuntutan akan biaya hidup sehari-hari untuk berbagai macam kebutuhan mungkin tak akan begitu merepotkan saat tulang punggung keluarga yang mencari nafkah masih hidup. Namun, setelah pencari nafkah tutup usia, pemasukan mungkin tak akan selancar dan sebesar yang dulu. Padahal, berbagai macam tagihan masih perlu untuk dibayar.

Belum lagi, anggota keluarga yang ditinggalkan masih harus berpikir tentang berbagai kebutuhan di masa depan yang harus dipenuhi. Dengan memiliki asuransi jiwa, pencari nafkah keluarga tentu tidak perlu khawatir soal kelangsungan hidup anggota keluarganya bilamana ia meninggal dunia.

Sebab, anggota keluarga bisa lanjutkan hidup dengan uang pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Setidaknya, anggota keluarga dapat penuhi kebutuhan sementara waktu sebelum mereka mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang baru.

Mendapat Pertanggungan Biaya Pemakaman

Saat pencari nafkah keluarga tutup usia, pemasukan finansial untuk anggota keluarganya tentu menjadi hilang. Namun, kewajiban keluarga untuk memakamkan almarhum/almarhumah tetaplah ada. 

Belum lagi, beberapa suku atau kepercayaan tertentu harus mengadakan pesta kematian dalam skala besar. Tentunya, keperluan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Inilah manfaat lain asuransi jiwa yang bisa didapat oleh anggota keluarga yang ditinggalkan.

Menambah Dana Pensiun

Manfaat lain dari memiliki asuransi jiwa ialah bisa mendapat uang tambahan dana pensiun. Hal ini mungkin terjadi apabila masa pertanggungan nasabah asuransi jiwa telah usai dan ia belum pernah mengajukan klaim pertanggungan sama sekali. Pada beberapa perusahaan asuransi, nasabah ini dapat memperoleh kembali uang premi yang telah ia bayarkan selama menjadi nasabah. 

Tentunya, besaran dana ini sesuai dengan perjanjian awal antara nasabah dan perusahaan asuransi. Dengan begitu, orang tersebut bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari uang premi ketika ia tidak lagi aktif bekerja atau sudah pensiun nanti.

Itulah beberapa manfaat dari asuransi jiwa. Di luar ketiga manfaat utama di atas, sejumlah produk pertanggungan jiwa juga menawarkan keuntungan seperti santunan apabila pemilik polis mengalami cacat atau kecelakaan. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Asuransi Jiwa untuk Keluarga, Apa Saja Alasan Memilikinya?"