Ingin Laptopmu Kembali Lancar? Yukk Lakukan 5 Cara Ini

Source: Nasaba Media
 

Secara universal, durasi konsumsi laptop menjadikannya makin lelet dari waktu ke waktu. Perihal ini jadi normal terjalin. Terlebih bila laptop tidak memperoleh perawatan dengan baik. Sesungguhnya, permasalahan laptop lemot dapat terjalin oleh banyak perihal, baik dari hardware, aplikasi, ataupun terinfeksi malware yang beresiko. Buat itu berarti untuk tiap pengguna buat ketahui gimana mengembalikan keadaannya sebagaimana awal kali digunakan.

Mengetahui laptop lemot lumayan simpel, ialah kala loading awal kali laptop merambah Windows. Bila proses load begitu terasa lama, hingga Kamu butuh mencari metode menanggulangi laptop lemot dan melaksanakan revisi ataupun perawatan dengan lekas supaya kondisinya tidak terus menjadi parah.

Nah, pada postingan kali ini, kami hendak paparkan 5 perihal yang dapat Kamu jalani buat kembalikan peforma laptopmu. Yukk langsung saja ke TKP!

Tambahkan Kapasitas RAM
Telah jadi rumus baku, kalau terus menjadi besar kapasitas RAM, hingga peforma laptop terus menjadi besar. Dengan kenyataan ini, hingga metode buat menanggulangi laptop lemot dapat dengan melaksanakan upgrade ataupun meningkatkan kapasitas RAM.

Dengan melaksanakan upgrade RAM, kapasitas tambahannya siap buat menampung program- program yang membutuhkan banyak ruang. Terlebih bila Kamu membutuhkan laptop buat mengoperasikan program- program berat semacam editing video, desain grafis, serta sebagainya.

Nonaktifkan Program yang Tidak Perlu
Butuh dikenal, kalau kerapkali laptop lemot diakibatkan sebab terdapatnya program yang memakan resource sangat banyak, sementara itu program tersebut kadangkala tidak diperlukan. Perihal ini menimbulkan keahlian laptop ber- multitasking jadi terkendala. Dengan demikian, berarti rasanya Kamu buat menonaktifkan sebagian program yang tidak dibutuhkan.

Berikut triknya:

  • Tekan Ctrl+ Shift+ Esc di keyboard buat masuk ke Task Manager
  • Pilih Processes, setelah itu lihat program yang menghabiskan memory
  • Nonaktifkan dengan metode klik kanan pada program, kemudian seleksi End Process


Cek Drive Eror
Pemicu laptop lemot selanjutnya yakni hardisk yang tidak sering dirawat dengan baik sehingga mencuat bad sector serta error. Permasalahan satu ini menimbulkan akses informasi yang dibutuhkan buat loading jadi tidak optimal. Hendaknya Kamu teratur buat melaksanakan cek drive secara berkala, paling tidak 3 bulan sekali. Metode ini apalagi sangat vital buat melindungi kesehatan hardisk supaya tahan lama.

Berikut triknya:

  • Buka Windows Esplorer dengan metode klik tombol bendera+ E pada Windows
  • Pilih Drive( Drive C, D, E, Dst), setelah itu klik kanan
  • Pilih Properties >Tools, setelah itu klik‘ Check Now)
  • Untuk durasi pengecekan bergantung dimensi penyimpanan yang discan


Tutup Program System Tray
Bila Kamu mengamati, di pojok kanan dasar Windows terdapat logo segitiga kecil di zona Task Bar. Mengerti kah Kamu apa itu? Ya, itu ialah System Tray yang jadi indikator berapa banyak program yang berjalan di balik layar. Sebagian program memanglah dibutuhkan semacam antivirus, hendak namun sebagian program yang lain kadangkala tidak diperlukan sehingga banyak memakan resource secara bertepatan.

Nah, buat mengatasinya Kamu dapat menutup sebagian aplikasi yang tidak dibutuhkan di System Tray ini. Triknya:

  • Buka panel System Tray, setelah itu klik kanan pada program yang mau ditutup
  • Pilih Exit, Close, ataupun Quit buat menutup program


Pakai Aplikasi Tambahan
Bila metode di atas masih belum efisien, Kamu dapat mengupayakannya dengan memasang aplikasi bonus buat memesatkan kinerja laptop. Aplikasi yang banyak dipakai antara lain Ccleaner serta Tune Up Utility. Aplikasi- aplikasi ini dapat mengetahui file- file bermasalah, menghapus informasi yang tidak diperlukan, dan melaksanakan monitoring terhadap kinerja laptop.

Tidak ada komentar untuk "Ingin Laptopmu Kembali Lancar? Yukk Lakukan 5 Cara Ini "