Supaya Tidak Gatal, Ini 5 Cara Memotong Nanas yang Benar

Cerdikiana - Mengonsumsi buah secara teratur setiap hari bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meski begitu, banyak yang enggan melakukannya karena alasan malas dan sulit mengupas kulitnya. Masalah ini biasanya terjadi pada buah-buahan yang memiliki tekstur kulit yang keras dan tebal seperti nanas. Padahal, nanas memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh, yaitu kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Rasanya yang asam dan segar, tidak jarang buah ini juga diolah menjadi berbagai makanan dan minuman segar, seperti koktail, rujak, dan asinan buah. Di sisi lain, getah nanas yang bisa membuat lidah gatal juga menjadi alasan lain keengganan banyak orang mengonsumsi buah ini. Padahal, jika kamu tahu caranya, prosesnya tidak sesulit dan serumit yang kamu pikirkan. Supaya tidak gatal, berikut ini adalah tujuh cara memotong nanas yang benar. 

Ini cara memotong nanas yang benar 

1. Potong bagian atas dan bawah terlebih dahulu

Tidak seperti buah pada umumnya, tekstur nanas yang memiliki kulit sedikit tebal dengan daun yang meruncing di atasnya memang memiliki cara yang berbeda ketika ingin mengupasnya. Pertama, siapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan pisau tajam untuk memotong dan talenan untuk alas memotongnya. 

Kemudian, letakkan nanas di atas talenan atau alas lainnya yang memiliki permukaan datar. Lalu, potong dan buang bagian atas atau mahkotanya yang berupa daun-daun runcing. Setelah itu, lanjutkan dengan memotong dan buang bagian bawahnya sehingga permukaan atas dan bawah nanas menjadi datar. Selanjutnya, usap-usapkan potongan bagian atas dan bawah buah nanas tadi pada bagian daging buah untuk menghilangkan getahnya. 

2. Buang kulit nanas dengan cara mengirisnya

Setelah memotong bagian atas dan bawah nanas, lanjutkan dengan meletakkan nanas di atas talenan dalam posisi berdiri. Kemudian, buang kulit nanas dengan cara mengiris kulit luarnya. Lakukan dengan memotongnya dari atas ke bawah. Lanjutkan hingga kulit nanas terbuang sepenuhnya. 

Sedikit informasi, kamu bisa memotong kulitnya setipis mungkin agar daging nanas tidak terbuang percuma. Karena, bagian yang manis dari buah ini justru terletak pada bagian daging terluarnya. Sedangkan, bagian tengahnya justru memiliki tekstur yang keras dan rasa tawar. 

3. Balurkan garam ke nanas yang telah dikupas sebelumnya, lalu cuci bersih

Siapkan garam dapur secukupnya. Setelah itu, baluri seluruh bagian buah nanas dan biarkan kurang lebih selama 5 menit. Lanjutkan dengan mencuci bersih di bawah air mengalir. 

4. Buang bintik mata nanas dengan mengikuti polanya

Lanjutkan dengan membuang bintik mata nanas. Bintik mata nanas memiliki pola berjajar secara diagonal. Nah, untuk mempermudah, kamu bisa membuangnya dengan cara memotongnya mengikuti kontur buah tersebut. 

Buang mata nanas dengan cara memotongnya seperti bentuk huruf V di sepanjang garis diagonal kontur buah tersebut. Memotong dengan cara tersebut membuat daging nanas tidak banyak terbuang dibandingkan kamu memotong bintik matanya dengan cara mengiris seperti kamu memotong kulit bagian terluarnya. Jika membuangnya dengan cara mencongkel atau memotong bintik matanya satu per satu, justru bisa memakan waktu lebih lama. 

5. Buang bagian tengah nanas

Bagian tengah buah nanas memiliki tekstur yang keras dan sulit dimakan. Tidak seperti daging buah bagian luar, bagian dalam buah nanas juga memiliki rasa cenderung hambar dan tidak semanis bagian luarnya. Oleh karena itu, bagian ini sebaiknya dibuang. 

Untuk membuang bagian ini, kamu bisa menaruh kembali buah nanas di atas talenan. Letakkan nanas dengan posisi berdiri. Lalu, potong menjadi dua bagian. Dari masing-masing bagian, potong kembali menjadi dua. Setelah itu, buang bagian tengah dengan cara memotongnya seperti huruf V. 

Ingin mencoba cara memotong nanas ini di rumah? Kamu bisa membeli nanas segar dan berkualitas di TaniHub. Yuk, cek produknya sekarang! Platform e-commerce ini selain menyediakan nanas juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Tidak ada komentar untuk "Supaya Tidak Gatal, Ini 5 Cara Memotong Nanas yang Benar"